Headlines News :
Home » » penikiran tentang teori pendidikan

penikiran tentang teori pendidikan

Written By Unknown on Rabu, 07 Mei 2014 | 05.02




dalam dictionery di jelaskan bahwa teori adalah: 1. susunan fakta yang sistematis yang berkaitan dengan dalil-dalil nyata. 2

Teori & Prinsip Pendidikan

Sungguh beruntung saya dapat melanjutkan kuliah S2 di Unindra ini karena bertemu sekaligus dibimbing oleh para dosen yang handal sekaligus berprestasi. Seperti di Mata Kuliah Teori dan Prinsip Pendidikan, yang kali ini saya akan membagi info terkait profil dosenku itu sekaligus ilmu apa saja yang saya dapat dari beliau.

Profil Dosenku di UNINDRA (Mata Kuliah: Teori & Prinsip Pendidikan)
Dr. H. Syarif Hidayat, M.Pd
1.Sejak 1975 menjadi guru SMPN 38 dan 181 Jakpus.
2.Pengalamannya di dunia pendidikan sudah lebih dari 35 tahun.
3.Tahun 1993/1994 meraih prestasi guru teladan peringkat 1 di Jakpus.
Juga Peringkat II tingkat Provinsi DKI Jakarta.
4.Sejak tahun 1995 menjadi Kepsek SMPN 235, 240, 41, 73, 259, 192, dan 257 di Jaksel dan Jaktim.
5.Tahun 2007 meraih gelar Doktor dari UNJ.
6.Menjadi Dosen S1, Pascasarjana, serta aktif menulis/menyusun buku.
7.Konsultan, Pembimbing penyusunan karya tulis ilmiah, skripsi, tesis, desertasi
bagi guru dan kepsek.
Berikut ini saya tampilkan materi awal yang saya terima dari beliau berupa jawaban dari 7 pertanyaan seputar Teori dan Prinsip Pendidikan (Jika ada beberapa jawaban yang kurang pas segera akan saya perbaiki!).
7 PERTANYAAN SEPUTAR TEORI & PRINSIP PENDIDIKAN
  1. 1.    Jelaskan beberapa pengertian dari kata Pendidikan!
Jawab:
  1. a.    Menurut John Dewey, pendidikan adalah prose pembentukan kecakapan-kecakapan yang fundamentil secara intelektual dan emosional.
  2. b.    Menurut KH.Dewantara, pendidikan adalah daya upaya untuk tumbuhnya budi pekerti supaya memajukan kesempurnaan hidup.
  3. c.    Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat.
  4. d.    Menurut pengertian Yunani, pendidikan adalah Paedagogik (Ilmu menuntun anak), orang Romawi mengartikan sebagai Educare (merealisasikan potensi anak yang telah dibawa sejak lahir), Bangsa Jerman mengartikan Erzhicung (Mengaktifkan potensi anak).
  5. e.    Bahasa Jawa mengartikan pendidikan sebagai Panggulawentah (pengolahan) untuk mematangkan kepribadian sang anak.
  6. f.      Herbart mengartikan pendidikan sebagai pembentukan peserta didik menjadi seperti yang diinginkan si pendidik.
  7. g.    KBBI mengartikan pendidikan sebagai memelihara dan memberi latihan tentang akhlak dan kecerdasan pikiran.
  1. 2.    Apakah perbedaan dari kata Pendidikan dan Pengajaran?
Pendidikan lebih luas daripada Pengajaran. Jika Pengajaran hanya ‘bertugas’ dalam hal transfer ilmu dan keahlian, maka Pendidikan lebih dari itu yaitu adanya transformasi nilai sekaligus pembentukan kepribadian dengan segala aspeknya. Pendidikan lebih menekankan pada pembentukan kesadaran dan kepribadian anak didik disamping transfer ilmu dan keahlian.
  1. 3.    Apa sebenarnya yang menjadi hakikat pendidikan?
Hakikat pendidikan adalah upaya sadar untuk mengembangkan potensi yang dianugerahkan Tuhan kepada manusia dan diarahkan pada tujuan yang diharapkan agar memanusiakan manusia atau menjadi insan kamil.
Hakikat pendidikan tersebut dapat terwujud melalui proses pengajaran, pembelajaran, pembersihan, pembiasaan, serta latihan dengan memperhatikan profesi, kepribadian, dan sosial.
Pendidikan menumbuhkan budi pekerti, kekuatan batin, karakter, pikiran, dan tubuh peserta didik yang dilakukan secara terintegrasi.
  1. 4.    Apa yang dimaksud dengan aliran Nativisme dan Empirisme dalam pendidikan?
    1. a.    Aliran Nativisme  atau aliran pesimistik adalah aliran yang digagas oleh Arthur Schopenhauer yang menyatakan bahwa perkembangan seseorang tergantung dari pembawaan sejak lahir berupa bakat.
    2. b.    Aliran Empirisme atau aliran optimisme adalah aliran yang dikemukakan oleh John Locke yang menyatakan bahwa pengalaman di lingkungan adalah sumber pengetahuan, sedangkan bakat atau bawaan sejak lahir tidak diakui.

  1. 5.    Apa nama aliran yang merupakan gabungan dari Nativisme & Empirisme?
Aliran yang menggabungkan Nativisme dan Empirisme adalah Aliran Konvergensi yang dipelopori oleh William Stern yang menyatakan bahwa bakat, pembawaan dan lingkungan atau pengalaman akan menentukan keribadian seseorang.   

  1. 6.    Jelaskan empat pilar penting untuk mengatasi permasalahan pendidikan di Indonesia!
Ada 4 pilar-pilar pendidikan universal yang dirumuskan oleh UNESCO (Geremeck, 1986) yaitu, belajar untuk mengetahui ( learning to know) , belajar untuk melakukan (learning to do) , belajar menjadi ( learning to be), belajar dengan berkerjasama ( learning to live together) merupakan kebutuhan mendasar bagi setiap peserta didik.

  1. 7.    Apa itu SNP dan jelaskan!
SNP adalah singkatan dari Standar Nasional Pendidikan yang berarti sebagai kriteria minimal tentang sistem pendidikan di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Standar Nasional Pendidikan terdiri dari :
  • Standar Kompetensi Lulusan
  • Standar Isi
  • Standar Proses
  • Standar Pendidikan dan Tenaga Kependidikan
  • Standar Sarana dan Prasarana
  • Standar Pengelolaan
  • Standar Pembiayaan Pendidikan
  • Standar Penilaian Pendidikan
Fungsi dan Tujuan Standar :
  • Standar Nasional Pendidikan berfungsi sebagai dasar dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan pendidikan dalam rangka mewujudkan pendidikan nasional yang bermutu
  • Standar Nasional Pendidikan bertujuan menjamin mutu pendidikan nasional dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat.
  • Standar Nasional Pendidikan disempurnakan secara terencana, terarah, dan berkelanjutan sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan lokal, nasional, dan global.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Ibel Template | IIMAM RESTU | Ibel Portal | Ibel Magazine | IMAM RESTU | Ibel Demosite
Copyright © 2011. PENDIDIKAN ISLAM - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Free Coupons